PERTAMAX TURBO! Bahan Bakar Ini Hanya Cocok Untuk Kendaraan Dengan Rasio Kompresi dan Suhu Tinggi

Awas BBM naik! 🤔

Pertamax Turbo

Banyak orang latah dan menjajal pertamax turbo dengan berasumsi."wah keren nih mobil/ motor gw bisa tambah kenceng larinya klo pake pertamax turbo"
mari kita bahas...cekidott..


Pertamax Turbo, dari namanya “Turbo” saja sudah keren. Ditambah nilai RON-nya tinggi yaitu 98 dan
Ga kalah menarik jargon iklannya "Pakai Pertamax Turbo, serasa naik Lambo”

Pertamax Turbo memiliki nilai oktan 98, maka bahan bakar ini hanya cocok untuk kendaraan dengan rasio kompresi dan suhu tinggi

Kita bahas sedikit rasio kompresi mesin.

Rasio kompresi mesin erat hubungannya dengan suhu. Contoh aplikasi sederhana hubungan antara kompresi dan suhu udara adalah pada pompa sederhana (mekanik) yang biasa untuk mengisi angin ban sepeda. Saat menggunakan pompa tersebut, lama kelamaan tabung pompa akan terasa hangat/panas. Akibat dari udara yang terkompresi.

Begitulah yang terjadi pada ruang mesin (silinder mesin). Piston bergerak naik turun untuk memampatkan udara (campuran udara dan bahan bakar) dan meningkatkan suhunya. Agar campuran bahan bakar dan udara terbakar dengan baik dan menghasilkan power.

Selain berhubungan dengan suhu, rasio kompresi mesin berhubungan dengan nilain oktan (RON) bensin, untuk proses pembakaran. Hubungan antara RON dan rasio kompresi mesin merupakan hubungan linear.

Artinya, semakin tinggi rasio kompresi mesin maka dibutuhkan bahan bakar dengan RON tinggi. Begitu sebaliknya jika rasio kompresi rendah, cukup menggunakan bahan bakar dengan RON rendah.

kendaraan dengan kompresi mesin yang rendah menggunakan bensin RON tinggi, yang terjadi adalah "pemborosan". Pemborosan karena bahan bakar tidak terbakar optimal, tenaga minimal dan polusi maksimal.

Jika memaksakan menggunakan bensin RON tinggi, maka saat proses pembakaran, bahan bakar tersebut tidak terbakar dengan baik dan berakibat pada rendahnya tenaga yang dihasilkan (lost power). Dampak lain adalah tingginya polutan yang dihasilkan oleh gas buang kendaraan.

 Sebaliknya, jika rasio kompresi mesin tinggi menggunakan bahan bakar dengan RON rendah, maka bahan bakar dalam ruang mesin akan terbakar sebelum waktunya (Pre-Ignition). Dampaknya, selain tenaga yang dihasilkan tidak maksimal dan emisi gas buangnya tinggi, juga dapat merusak komponen utama mesin.

Pertamax Turbo cocok untuk kendaraan dengan rasio kompresi di atas 10:1. Jika rasio kompresi kendaraan Anda di bawah 10:1, sebaiknya tidak ikut menjajal Pertamax Turbo.

Apalagi sistem bahan bakarnya masih menggunakan Karburator, bukan sistem injeksi. Jika memaksakan menggunakan Pertamax Turbo, dikhawatirkan pembakaran di ruang mesin tidak akan optimal

Nah sahabat MCI sebelum mencoba pertamax turbo kenali dulu spesifikasi kendaraannya. Lihat berapa angka perbandingan (rasio) kompresinya. Jika tidak tahu, bisa browsing di dunia maya, cari tahu berapa angka rasio kompresi.

semoga bermanfaat..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERTAMAX TURBO! Bahan Bakar Ini Hanya Cocok Untuk Kendaraan Dengan Rasio Kompresi dan Suhu Tinggi"

Post a Comment