Apakah pemasangan intercooler wajib pada mobil non turbo yg dipasang turbo?? 

Sahabat masih ingat dengan postingan pemasangan turbo pada mobil non turbo??.kalo udah lupa scroll lagi deh ke bawah.

Lanjut nih pembahasannya..
setelah kemarin pemasangan turbo,kita akan bahas piranti lainnya yang dibutuhkan,,cekidott....

Apakah pemasangan intercooler wajib pada mobil non turbo yg dipasang turbo??

Intercooler itu adalah media pendingin. Turbo itu bisa bekerja berkat turbin yang diputar oleh gas buang,,suhu turbo bisa mencapai 700-800 derajat Celcius. Nah, intercooler bertugas untuk menurunkan suhu, jadi kalau pakai turbo plus intercooler, pasti lebih baik, meskipun kalau tidak dipakai juga tidak apa-apa. Itu untuk harian ya, lain cerita kalau kompetisi.

Perancangan pipa-pipa dari turbo ke intercoller dan lain lain tidak sembarangn..Ada hitungannya, mix and match antara turbo, piping dan engine harus pas, jika salah dalam perancangan pipa-pipa, tekanan dari turbo akan hilang banyak sebelum masuk ke ruang bakar. Istilah gampangnya, ngempos.

Lanjut ke soal turbo timer..
Soal turbo timer memang sangat disarankan buat mobil turbo. Seperti catatan diatas,suhu turbo bisa mencapai 700-800 derajat Celcius saat bekerja maksimum, dan turbo butuh pelumas yang berasal dari oli mesin. Turbo yang suhunya lagi tinggi lalu tiba-tiba kita matikan mesin, oli yang sisa di dalam turbo itu akan mendidih gara-gara suhu turbo yang panas tadi. Oli yang terbakar suhu panas tadi bisa menyebabkan kerak di poros turbin dan bisa merusak turbo.

Pemakaian turbo timer bisa membuat mesin mobil tetap menyala meski kunci telah dicabut, memberi waktu untuk turbo mendinginkan suhunya secara drastis. Dengan putaran turbin turbo, udara yang masuk dan keluar bisa berfungsi untuk mendinginkan dirinya.

Yg ga kalah penting pemilihan oli yang tepat
Disarankan menggunakan oli yang lebih kental. Mobil turbo butuh oli yang lebih kental karena oli yang encer akan kalah sama panasnya turbo tadi, karena dia bakal tambah encer dan tidak bisa membantu pelumasan turbo sama sekali.

So buat yang mau masang turbo di mesin non turbo
Lebih baik menggunakan turbo yang baru bukan yang bekas.
Untuk mobil-mobil ringan seperti Jazz, Yaris, Swift dan segala komponen turbonya bermerek bagus dan berkualitas tinggi, kisaran biaya ada di sekitar 40 jutaan.

Mau memasang turbocharger di mobil bermesin standar non turbo mu??..berikut hal hal yang harus diperhatikan.

Hayoo siapa yang berminat pasang turbo? ..

Semoga bermanfaat..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah pemasangan intercooler wajib pada mobil non turbo yg dipasang turbo?? "

Post a Comment